Apa sih penyebab Kolesterol anda bisa tinggi?

 


Seperti pada artikel sebelumnya, Kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh yang berada dalam bentuk bebas dan ester dengan asam lemak, serta merupakan komponen utama selaput sel otak dan saraf. 80% kolestrol dihasilkan dari dalam tubuh (pembentukan oleh hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (makanan yg dikonsumsi).

Kolesterol adalah produk khas hasil metabolisme hewan dan produk olahannya seperti kuning telur, daging, hati, otak, susu, keju, mentega, dan lain-lain. Kolesterol yang berasal dari makanan jarang dalam bentuk kolesterol bebas, biasanya berbentuk Kolesterol dengan asam lemak atau sering disebut dengan ester kolesterol.

Kolesterol hanya terdapat pada sel-sel hewan dan tubuh manusia, Kolesterol sendiri tidak terdapat pada sel yang ada pada tumbuh-tumbuhan. Sel-sel jaringan tubuh memerlukan Kolesterol untuk tumbuh dan berkembang secara semestinya. Sel-sel ini menerima Kolesterol dari low density lipoprotein (LDL).

Meskipun demikian, jumlah Kolesterol yang dapat diterima atau diserap oleh sela da batasnya. Bila kita makan banyak makanan yang mengandung lemak jenuh atau bahan makanan yang kaya akan Kolesterol, maka kadar LDL dalam darah kita akan tinggi. Kelebihan LDL akan berakibat lemak melayang-layang dalam darah, dengan risiko penumpukan atau pengendapan pada dinding pembuluh darah arteri yang diikuti dengan terjadinya aterosklerosis.

Penyebab dan Faktor Risiko Kolestrol

Kolesterol bisa menjadi berbahaya buat tubuh Anda jika kadarnya sudah terlalu tinggi. Anda dapat mengalami Kolesterol tinggi atau Hiperkolesterolemia apabila memiliki beberapa faktor, Sebagian faktor tersebut dapat dikendalikan tetapi sebagian lainnya tidak. Berikut ini ada beberapa faktor yg dapat meningkatkan risiko terjadinya Kolesterol pada Anda yaitu:

Gaya Hidup
Gaya hidup tidak sehat merupakan penyebab paling umum tingginya kadar Kolesterol pada tubuh Anda, beberapa contoh gaya hidup tidak sehat adalah:
  • Merokok
  • Jarang olahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik
  • Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
  • Mengonsumsi makanan tinggi Kolesterol dan lemak jenuh contohnya: gorengan, susu full cream, santan, jeroan, dan sebagainya
  • Mengalami stress

Penyakit
Meningkatnya kadar Kolesterol juga dapat terjadi akibat menderita penyakit tertentu,
misalnya pernyakit-penyakit berikut ini:
  • Obesitas (Kelebihan Berat Badan)
  • Diabetes
  • Hipotrioidisme
  • Gagal Ginjal Kronis
  • HIV/AIDS

Keturunan
Kolesterol tinggi dapat disebabkan oleh perubahan atau mutasi sejumlah gen yang diturunkan dari kedua orang tua. Mutasi gen ini membuat tubuh tidak bisa membuang Kolesterol dari dalam darah. Namun, Kolesterol tinggi akibat kondisi ini lebih jarang terjadi bila dibandingkan dengan faktor-faktor lainnya.

Selain beberapa faktor di atas, seseorang yang berusia 40 tahun ke atas juga lebih berisiko menderita Kolesterol. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, hati menjadi kurang mampu membuang kolesterol jahat (LDL).

Gejala Kolesterol
Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Akibatnya, banyak orang yg tidak sadar kadar kolesterolnya tinggi sampai terserang komplikasi serius seperti; penyakit jantung atau pun stroke. Oleh karena itu, lakukan tes darah secara berkala untuk mengetahui Kolesterol Anda

Nah kurang lebih itulah fakta-fakta seputar Kolesterol. Dengan menjaga selalu pola hidup sehat dan pengecekan darah secara berkala, Anda dapat mendeteksi dan memantau kadar Kolesterol dalam darah Anda. Cukup dengan 1 alat seperti Eb-TChol dari Serenity, Anda sudah bisa mengecek kadar Kolesterol totalmu dengan keakuratan mencapai 99,99%. Kamu bisa cek alatnya langsung di website resmi Serenity ya

Referensi:
https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-penyebab-kolesterol-tinggi#:~:text=Kebiasaan%20mengonsumsi%20makanan%20yang%20tidak,Kebiasaan%20merokok.
https://www.alodokter.com/kolesterol
https://www.alodokter.com/kolesterol-tinggi
https://www.halodoc.com/kesehatan/kolesterol-tinggi
https://rsud.sawahluntokota.go.id/penyebab-kolesterol-tinggi-yang-harus-diwaspadai/

Postingan Populer