Udah makan rendah lemak kok Kolesterol masih tinggi sih?

PENGERTIAN KOLESTEROL

Kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh yang berada dalam bentuk bebas dan ester dengan asam lemak, serta merupakan komponen utama selaput sel otak dan saraf. 80% kolestrol dihasilkan dari dalam tubuh (pembentukan oleh hati) dan 20% sisanya dari luar tubuh (makanan yg dikonsumsi).

Kolesterol adalah produk khas hasil metabolisme hewan dan produk olahannya seperti kuning telur, daging, hati, otak, susu, keju, mentega, dan lain-lain. Kolesterol yang berasal dari makanan jarang dalam bentuk kolesterol bebas, biasanya berbentuk kolesterol dengan asam lemak atau sering disebut dengan ester kolesterol.

Kolesterol hanya terdapat pada sel-sel hewan dan tubuh manusia, kolesterol sendiri tidak terdapat pada sel yang ada pada tumbuh-tumbuhan. Sel-sel jaringan tubuh memerlukan kolesterol untuk tumbuh dan berkembang secara semestinya. Sel-sel ini menerima kolesterol dari low density lipoprotein (LDL).

Meskipun demikian, jumlah kolesterol yang dapat diterima atau diserap oleh sela da batasnya. Bila kita makan banyak makanan yang mengandung lemak jenuh atau bahan makanan yang kaya akan kolesterol, maka kadar LDL dalam darah kita akan tinggi. Kelebihan LDL akan berakibat lemak melayang-layang dalam darah, dengan risiko penumpukan atau pengendapan pada dinding pembuluh darah arteri yang diikuti dengan terjadinya aterosklerosis.

 

KOLESTEROL TINGGI

Kolestrol tinggi merupakan kondisi ketika kadar kolestrol di dalam darah melebihi batas normal. Jika kadar kolesterol yang berlebihan ini dibiarkan, maka bisa mengakibatkan penumpukan di pembuluh darah dan menjadi risiko terjadinya penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

Kolesterol sendiri baik bagi tubuh karena tubuh membutuhkan kolesterol dalam jumlah cukup pembentukan sel-sel tubuh agar tetap sehat dan sejumlah hormon yang ada pada tubuh. Kadar kolesterol dalam darah pada umumnya kurang dari 200 mg/dL. Berbeda dengan orang yang memiliki kelainan produksi kolesterol, atau sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol secara berlebih, mereka lebih berisiko terkena kolesterol tinggi

Kolesterol di dalam darah diikat oleh protein dan membentuk lipoprotein. Berikut adalah dua jenis lipoprotein dan kadar normalnya:

  • High-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, yaitu 45−60 mg/dL atau lebih pada pria; serta 55−60 mg/dL atau lebih pada Wanita
  • Low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, yaitu kurang dari 100 mg/dL

Setiap jenis lipoprotein diatas memiliki fungsi yang berbeda untuk tubuh. HDL berfungsi membawa kolesterol yang berlebihan ke hati, sedangkan LDL bertugas membawa kolesterol ke sel-sel tubuh.

 

Referensi:

https://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/viewFile/916/730

https://www.alodokter.com/kolesterol-tinggi

https://www.halodoc.com/kesehatan/kolesterol

https://dupakdosen.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/1857/09E00273.pdf?sequence=2

Postingan Populer